Jumat, 06 Mei 2011

Apa kandungan makanan kita sehari-hari?


Karbohidrat
Karbohidrat adalah sumber energi utama dalam tubuh kita. Ada dua macam karbohidrat yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat simpleks. Karbohidrat kompleks misalnya nasi, legumes, biji-bijian, kentang, peas dan jagung. Karbohidrat simpleks adalah gula dan pemanis lainnya. Karbohidrat mengandung energi 4 Kalori per gram.

Anjuran: sekitar setengah (45% sampai 65%) dari kebutuhan energi harian hendaknya diperoleh dari karbohidrat. Utamakan dari karbohidrat kompleks, dan batasi gula serta pemanis lainnya.
Kolesterol
Kolesterol sangat penting bagi struktur dan fungsi sel tubuh, namun kolesterol dapat menyebabkan timbunan plak pada dinding arteri. Tubuh kita dapat mensintesa kolesterol untuk memenuhi kebutuhannya. Bahan makanan sumber kolesterol adalah bahan makanan hewani misalnya daging, ayam,
ikan, telur, susu, keju dan butter.

Anjuran: asupan kolesterol tidak lebih dari 300 mg per hari.

LEMAK
Lemak membantu absorpsi berbagai vitamin, menjaga struktur dan fungsi membran sel, dan imunitas tubuh. Jenis lemak tertentu - lemak jenuh dan lemak trans - dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Lemak jenuh terdapat terutama pada bahan makanan hewani, minyak kelapa dan minyak sawit. Lemak mengandung 9 Kalori per gram, dua kali lebih besar dibanding karbohidrat dan protein.

Anjuran: asupan lemak hendaknya kurang dari sepertiga (20% sampai 30%) kebutuhan enegi per hari. Utamakan lemak tidak jenuh misalnya minyak kacang, olive oil, canola oil. Asupan lemak jenuh hendaknya kurang dari 10% kebutuhan energi harian. Pada wanita ini berarti kurang dari 20 gram per hari sedangkan pada pria kurang dari 24 gram per hari.
SERAT
Serat berasal dari tumbuhan. Tubuh kita tidak dapat mencerna dan menyerap (absorpsi) serat. Ada dua jenis serat yaitu serat larut dan serat tak larut. Serat tak larut membantu proses buang air dan mencegah sembelit (konstipasi). Sayuran, wheat bran dan biji-bijian merupakan bahan makanan sumber serat tak larut. Serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Oat, kacang kering dan buah misalnya apel dan jeruk merupakan bahan makanan sumber serat larut.

Anjuran: kebutuhan serat pada wanita 21 sampai 25 gram per hari, sedangkan pada pria 30 sampai 38 gram per hari.
PROTEIN
Protein merupakan bahan esensial untuk menunjang kehidupan. Tubuh kita -kulit, tulang, otot, darah, hormon, enzim dan organ-organ dalam- semua tersusun dari protein. Ada dua jenis protein yaitu protein nabati yang berasal dari tumbuhan dan protein hewani yang berasal dari hewan. Bahan makanan sumber protein nabati misalnya kacang-kacangan, biji-bijian. Bahan makanan sumber protein hewani misalnya unggas, ikan, daging, susu. Protein mengandung 4 Kalori per gram.

Anjuran: asupan protein sekitar sepertiga (10% sampai 35%) kebutuhan energi per hari. Kebutuhan minimal pada wanita adalah 46 gram per hari, sedangkan pada pria adalah 56 gram per hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar