Jumat, 06 Mei 2011

"MAKSIMALKAN TIDUR ANDA"


Mungkin banyak diantara anda yang susah untuk mendapatkan istirahat tidur yang lelap di malam hari. Istirahat yang kurang lelap menyebabkan badan terasa letih dan capek di pagi harinya. Dan bagi fitnessmania rasa itu dapat mempengaruhi pertumbuhan otot anda. Di artikel ini saya akan memberikan tips untuk membuat istirahat anda dimalam hari tidur dengan lelap. Untuk mendapatkan tidur 7 – 8 jam yang nyenyak anda cukup ke dapur dan nikmati 1 – 2 dari makanan dan minuman di bawah ini yang mampu merelaksasi otot yang tegang, menenangkan pikiran dan mengaktifkan pembantu tidur yaitu serotonin dan melatonin.


1.Pisang
Pisang bagaikan obat tidur alami. Selain mengandung melatonin dan seretonin dalam jumlah kecil, pisang juga mengandung bahan yang dapat merangsang relaksasi otot.

2.Teh Chamomile
Teh chamomile mempunyai efek penenang yang dapat menurunkan stress fisik maupun mental sehingga membuat minuman ini cocok unutk dikonsumsi sebelum tidur.

3.Susu Hangat
Ini bukan mitos. Segelas susu hangat sebelum tidur benar-benar dapat membantu tidur. Susu mengandung tryptophan, sejenis asam amino yang mempunyai efek sedatif dan kalsium yang membantu otak untuk menggunakan tryphotan. Tapi ingat pilihlah susu rendah atau tanpa lemak.

4.Madu
Tambahkan madu sedikit di dalam susu atau teh anda. Gula dapat meningkatkan energi tetapi dalam jumlah yang sedikit, gula dapat memberitahu otak anda untuk menurunkan kinerja orexin yaitu neurotransmitter yang berhubungan dengan kesadaran anda.

5.Kentang
Sedikit kentang rebus atau panggang sebelum tidur tidak akan menaikkan berat badan anda. Kentang mampu membersihkan asam yang mengganggu kinerja trytopan di dalam tubuh. Trythopan akan diubah menjadi seretonin yang memberi sinyal ke otak untuk tidur.

6.Oatmeal
Oatmeal sebelum tidur adalah jalan tercepat menuju tidur, karena oatmeal merangsang produksi melatonin di dalam tubuh pada malam hari.

7.Flaxseed
Flaxseed kaya asam Omega-3 yang dapat membantu memperbaiki mood anda. Konsumsilah flexseed ketika anda sedang mengalami stress atau depresi berat agar tidur nyenyak.

8.Roti Gandum
Sepotong roti gandum dan teh merangsang insulin dalam tubuh anada sehingga membantu kinerja trythopan bereaksi dalam otak.

Demikian sedikit tips untuk memaksimalkan istirahat anda agar istirahat anda lebih nyenyak di malam hari, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar